Tips , Tutorial , Root , Android marshmallow , android developer , android one , jual beli android , download apk gratis , cwm , download , lenovo , samsung , xperia , evercoss , htc , xiaomi , smartphone , mobile phone

Wednesday, August 19, 2015

Selamat Datang Android Marshmallow

No comments :

Akhirnya misteri terpecahkan, android 'M' yang selama ini diributkan bakal dikasih nama apa. Beragam nama sempat menjadi spekulasi mulai dari muffin. milkshake, dan sebagainya. Marshmallow bakal membawa Android 6.0 yang digadang-gadang punya banyak fitur menarik.

Kita intip fitur menarik android Marshmallow ini..

1. App Permition manager

Kalo selama ini kita menginstal aplikasi pasti diawal ada keterangan bahwa aplikasi ini akan mengakses kontak, kamera, photo, dan sebagainya, nah di android M ini kita bisa menentukan permission mana saja yang dibolehkan untuk diakses oleh aplikasi yang akan kita install, misal facebook meminta permission untuk mengkases kontak namun menurut kita itu tidak perlu maka kita bisa uncheck permission itu.

2. Penggunaan Fingerprint (sidik jari)

Unlock device pake wajah sekarang udah mulai gak jaman, sekarang sudah jamannya pakai sidikjari (agak kalah sama PNS) yang gak bakalan sama setiap orang. Selain bisa digunakan untuk unlock device, fingerprint nantinya juga bisa digunakan untuk pembelian aplikasi di playstore ataupun belanja online. Tapi tentu saja untuk menggunakan fitur ini device android harus sudah dilengkapi dengan hardware pembaca sidik jari.

3. App links


Pernah membuka link yang dibagikan lewat whatsapp/bbm/sms/email/yang lainnya? kalo pernah pasti selalu menjumpai layar dialog ‘Open with…’ nah android M bakal lebih pinter buat mbuka link tersebut dengan langsung ‘dilemparkan’ ke aplikasi yang tepat sesuai link. Misalnya kita dapet link foto dari twitter, ketika kita buka maka aplikasi twitter akan otomatis terbuka.

4. USB Type C

Jenis USB Type C ini bakal  mempercepat proses charging dan bisa nge-charge device lain lewat ponsel. Kedengarannya seperti fitur ponsel android mito yang bisa ‘bagi-bagi’ listrik buat ponsel lain.

5. Auto Backup and Restore App

Kalo selama ini buat yang doyan ngoprek ngebackup dan restore menggunakan Titanium Backup, android M tanpa di root bakal bisa melakukan hal yang sama dengan membackup app ke google drive.

6. Android RAM Manager

Gak perlu lagi pasang aplikasi buat RAM booster, android M sudah bisa clean cache sendiri.

7. Adoptable Storage Device

Gak perlu juga pasang aplikasi App2SD, Link2SD, dan sejenisnya, karena android M sudah dibekali kemampuan buat mengubah external storage (microSD/USB disk) menjadi seperti internal storage yang artinya aplikasi bisa dipindahkan ke external.
Nah itu dia 7 fitur yang saya rangkum bakal dibawa android M nanti. Saat ini android M sudah ada Developer preview-nya buat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus player, dan versi final bakal diluncurkna kuartal ke 3 tahun ini 2015.

8.Doze Mode 

Ini dia fitur yang paling kita cari, Doze mode, fitur yang memungkinkan baterai dapat bertahan lebih lama. Dengan doze mode android kita akan menganalisa kapan pengguna terbiasa aktif dan kapan dalam keadaan tertidur. Saat kita tidak beraktivitas menggunakan mobile phone, android akan menghentikan aplikasi untuk menghemat daya dan internet.

Sepertinya fitur yang akan di bawa si Marshmallow ini sangat menarik, kita tunggu saja siapa device pertama yang akan lahir dengan membawa Marshmallow, dan semoga mobile phone kita mendapatkan update android 6.0 ini. :D

No comments :

Post a Comment