Tips , Tutorial , Root , Android marshmallow , android developer , android one , jual beli android , download apk gratis , cwm , download , lenovo , samsung , xperia , evercoss , htc , xiaomi , smartphone , mobile phone

Friday, September 4, 2015

GoSwim, Aplikasi Android Lokal

1 comment :
Semakin besarnya platform android saat ini rupanya membawa hikmah tersendiri bagi para developer aplikasi di Indonesia. Mulai dari developer yang sudah master sampai developer pemula berlomba-lomba untuk menampilkan aplikasi android racikannya. Bahkan tidak jarang aplikasi lokal buatan Indonesia menjadi aplikasi populer di dunia. Salah satu aplikasi yang belum lama nangkring di playstore adalah GoSwim, aplikasi yang masuk kategori pendidikan ini merupakan aplikasi pelatihan olah raga renang bagi siswa-siswi sekolah.

Penggunaan aplikasi sebagai sarana belajar dan berlatih bagi siswa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan saat ini, mengingat hampir seluruh siswa sekolah memiliki dan gemar menggunakan smartphone.

"Aplikasi ini dipakai sebagai sumber belajar siswa secara mandiri, sehingga nantinya siswa dapat lebih mengerti bagaimana teknik dan gerakan renang yang benar sebelum praktik langsung di lapangan", ujar Ibnu, Founder Aplikasi GoSwim.

Lebih lanjut Ibnu mengatakan aplikasi ini juga dapat digunakan oleh guru penjasorkes sebagai media penilaian  kognitif siswa, karena di dalam aplikasi ini terdapat latihan siswa dan nilai siswa dapat terlihat langsung di daftar nilai oleh guru dengan mudah.

Fitur/isi dari aplikasi ini  adalah:


1. Sejarah Renang

 

Pada sejarah renang terdapat sejarah bagaimana awal mula renang pada zaman kerajaan dan pada masa peperangan dunia sampai bagaimana awal mula renang di Indonesia.

2. Teknik Renang

 

Pada menu teknik renang terdapat semua gaya renang. Pada setiap gaya renang masih dapat masuk ke focus gerakan setiap gaya seperti, posisi badan, gerakan tungkai, gerakan tangan & pernapasan, gerakan koordinasi. Pada setiap gerakan dilengkapi dengan gambar dan animasi sehingga siswa dapat mengerti lebih jauh mengenai gerakan renang yang benar. Selain itu, pada teknik renang dilengkapi dengan cara meluncur yang benar.

3. Video

 

Pada menu ini terdapat video gerakan semua gaya renang yang diperankan oleh atlet Jawa Tengah yaitu Shenivia Prihanti. Pada video ini berisi penjelasan lebih terperinci dari gerakan-gerakan renang agar siswa lebih mengerti langkah-langkah gerakan.

4. Teknik Pertolongan

Pada menu ini terdapat penjelasan mengenai bagaimana pemberian pertolongan pada korban kecelakaan di kolam. Selain itu terdapat pula bagaimana cara membawa korban dengan gerakan yang benar.

5. Latihan

 

Pada menu latihan ini, siswa dapat menguji kemampuan pengetahuan renang terkait materi renang yang telah di pahami pada menu-menu sebelumnya. Siswa diharuskan login terlebih dahulu agar dapat melanjutkan ke latihan soal. Setelah selesai mengerjakan soal, nilai akan langsung terlihat dan masuk ke dalam daftar nilai guru dalam kelas tersebut.

6. Stopwatch

 

Pada stopwatch dapat digunakan oleh guru sebagai bantuan saat mengajar penjasorkes.

Tertarik menggunakan GoSwim sebagai alat belajar? unduh secara gratis di Google Playstore.


1 comment :

  1. mantap sekali...aplikasi semacam ini harus terus dikembangkan agar penggunaan gadget oleh siswa tidak melulu pada game dan sosial media. tapi juga sebagai sarana belajar

    ReplyDelete